Pengantar

I would like to share with you about something that U should have to know


~~~~~~^^ENJOY READING^^~~~~~~

Senin, 16 Mei 2011

Sekilas Mengenai Alat Pacu Jantung atau Pacemaker

Apakah itu Pacemaker?

Pacemaker adalah sebutan untuk alat pacu jantung yaitu, alat kecil yang ditempatkan di dada atau perut untuk membantu mengontrol ritme jantung abnormal. Perangkat ini menggunakan pulsa elektrik untuk mendorong jantung ke tingkat normal.

Alat pacu jantung digunakan untuk mengobati aritmia. Aritmia adalah masalah pada ritme detak jantung. Selama aritmia, jantung bisa berdetak terlalu cepat, terlalu lambat, atau dengan ritme yang tidak teratur.

To place a pacemaker, a lead wire is inserted into the cephalic vein of the shoulder and fed into the heart chambers (B). An electrode is implanted in the heart muscle of the lower chamber, and the device is attached (C).(Illustration by Argosy)

Detak jantung yang terlalu cepat disebut takikardia. Sedangkan detak jantung yang terlalu lambat adalah bradikardia.

Selama aritmia, jantung mungkin tidak mampu memompa darah yang cukup untuk tubuh. Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan, sesak napas, atau pingsan. Aritmia parah dapat merusak organ vital tubuh dan bahkan dapat menyebabkan kehilangan kesadaran atau kematian.

alat pacu jantung dapat meringankan beberapa gejala aritmia, seperti kelelahan dan pingsan. Sebuah alat pacu jantung juga dapat membantu seseorang yang memiliki irama jantung abnormal untuk melanjutkan gaya hidup yang lebih aktif.

Mengenal mekanisme listrik pada jantung

Jantung Anda memiliki sistem listrik internal yang mengontrol laju dan irama detak jantung Anda. Dengan setiap detak jantung, sinyal listrik menyebar dari jantung bahian atas ke bagian bawah. Selama perjalanan sinyal tersebut, menyebabkan jantung berkontraksi dan memompa darah.

Setiap sinyal listrik biasanya dimulai dalam kelompok sel yang disebut sinus node atau sinoatrial (SA) node yang merupakan menyebar dari atas jantung ke bagian bawah jantung, merupakan koordinat waktu dari aktivitas sel jantung.

Pertama, dua bilik jantung yang terletak di atas, atria, berkontraksi. Kontraksi ini memompa darah kedalam dua ruang jantung (chamber) yang lebih rendah, ventrikel. Ventrikel kemudian berkontraksi dan memompa darah ke seluruh tubuh. Kontraksi gabungan dari atrium dan ventrikel adalah detak jantung.


Ikhtisar

Kegagalan sinyal listrik di dalam jantung menyebabkan aritmia. Sebuah alat pacu jantung menggunakan pulsa elektrik berenergi rendah untuk mengatasi hal ini. Alat pacu jantung dapat:

1. Mempercepat irama jantung yang lambat.
2. Membantu mengendalikan irama jantung abnormal atau cepat.
3. Pastikan kontrak ventrikel normal jika atrium yang bergetar bukan pemukulan dengan irama normal (kondisi yang disebut atrial fibrilasi ).
4. Mengkoordinasikan sinyal listrik antara bilik atas dan bawah dari jantung.
5. Mengkoordinasikan sinyal listrik antara ventrikel. Alat pacu jantung yang melakukan ini disebut terapi sinkronisasi jantung (CRT) perangkat. perangkat CRT digunakan untuk mengobati gagal jantung .
6. Mencegah aritmia berbahaya yang disebabkan oleh kelainan yang disebut sindrom QT panjang .
7. Alat pacu jantung juga dapat memonitor dan merekam aktivitas listrik jantung Anda dan irama jantung.
8. Alat pacu jantung baru dapat memonitor suhu darah, kecepatan napas, dan faktor lain dan menyesuaikan detak jantung Anda untuk perubahan dalam aktivitas Anda.

Alat pacu jantung dapat bersifat sementara atau permanen. alat pacu jantung sementara digunakan untuk mengobati masalah detak jantung sementara, seperti detak jantung lambat yang disebabkan oleh serangan jantung , operasi jantung , atau overdosis obat.

alat pacu jantung sementara juga digunakan dalam keadaan darurat. Alat tersebut digunakan sampai alat pacu jantung permanen dapat tertanam atau sampai kondisi membaik. Jika Anda memiliki alat pacu jantung sementara, maka anda akan tinggal di rumah sakit selama perangkat ini masih tertanam di tubuh anda.

Ada juga pengobatan aritmia dengan perangkat lain yang disebut cardioverter defibrillator implant (ICD). Sebuah ICD mirip dengan alat pacu jantung. Namun, selain menggunakan pulsa berenergi listrik rendah, sebuah ICD juga dapat menggunakan pulsa berenergi listrik tinggi untuk mengobati aritmia dengan berbahaya tertentu.


sumber :http://www.nhlbi.nih.gov

Tidak ada komentar:

Posting Komentar