Pengantar

I would like to share with you about something that U should have to know


~~~~~~^^ENJOY READING^^~~~~~~

Minggu, 18 Agustus 2013

Inverter -AC Drive

Mungkin teman-teman udah sering denger mengenai inverter.. Apalagi yang sempet booming mengenai AC Inverter. Nah, di post ini saya akan sedikit cerita mengenai inverter yang banyak digunakan di industri atau biasa juga disebut dengan AC Drive. Inverter pada dasarnya adalah device atau peralatan yang dapat mengubah arus DC menjadi AC.Inverter di dunia industri banyak digunakan untuk control motor, dimana penggunaan motor di dunia industri sangat banyak, seperti roller, conveyor, mesin drawing, mixer,crane,extruder dsb. Inverter disini bertugas untuk mengatur frekuensi motor agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan produksi.

 Nb: sebagai perbandingan jika motor digunakan tanpa menggunakan inverter atau secara Direct On Line (DOL) maka motor akan bekerja pada frekuensi maksimum sehingga daya nya maksimum akibat Ampereny juga maksimum! Selain dapat menyebabkan life time motor berkurang, motor cepat panas dan tentunya prnggunaan listrik menjadi boros. Inilah yang mendasari penggunaan inverter pada AC di rumah-rumah anda. Jadi seperti apa sebenarnya penggunaan inverter ini??? Ok! Saya akan membahas lebih lanjut mengenai inverter!

inverter pada dasar nya terdiri atas 3 bagian, yaitu konverter - DC Bus - Inverter.

Gambar diatas adalah bagan rangkaian AC Drive. Rectifier terdiri atas dioda penyearah yang berfungsi sebgai converter (waktu jaman kuliah kita mengenal ada half rectifier dan full wave rectifier, review sendiri ya..) yang mengubah tegangan AC menjadi keluaran DC. Di bagan tengah ada DC Bus yang terdiri atas kapasitor penghalus yang berfungsi menghaluskan sinyal dari rectifier menjadi sinyal DC murni. Hal ini penting untuk mengasilkan sinyal AC yang sempurna dengan noise minimal. Setelah sinyal yang dikeluarkan DC bus benar-benar sinyal DC tanpa noise, maka step selanjutnya adalah masuk ke bagian switching transistor untuk menghasilkan sinyal AC. Switching transistor yang dilakukan adalah dengan menggunakan transistor IGBT (Insulated Gate Bypolar Transistor) transistor jenis ini khusus digunakan untuk switching frekuensi tingkat tinggi, cocok untuk penggunaan inverter yang memang frekuensi switchingnya sangat tinggi sekali. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar