Pengantar

I would like to share with you about something that U should have to know


~~~~~~^^ENJOY READING^^~~~~~~

Jumat, 15 April 2011

Ayo Kerja, Agar Badan Jadi Sehat!!!

Howdy!!!!

aku mau share sedikit ni, tentang energi yang kita konsumsi sehari-hari,,
mungkin hal yang sepele, tapi klo kita tau bener2..semoga bisa menjadi bahan rujukan kita untuk menjalani Hidup Yang Lebih Baik!!!
**************************SEMOGA BERMANFAAT.********************************

Tanpa kita sadari, berbagai hal yang kecil yang kita lakukan di kehidupan sehari-hari membuthkan banyak energi loh,, dan energi yang kita keluarkan tersebut, tentunya diperoleh dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari...

oleh karena itu kiranya penting untuk mengetahui berapa si sumber energi yang kita butuhkan dari aktivitas yang kita akukan sehari-hari..???? ....Please CekiDot!!!

Konsumsi energi pada waktu kerja biasanya ditentukan dengan cara tidak langsung, yaitu dengan pengukuran tekanan darah, aliran darah, komposisi kimia dalam darah, temperatur tubuh, tingkat penguapan dan jumlah udara yang dikeluarkan oleh paru-paru. Dalam penentuan konsumsi energi biasa digunakan parameter indeks kenaikan bilangan kecepatan denyut jantung. Indeks ini merupakan perbedaan antara kecepatan denyut jantung pada waktu kerja tertentu dengan kecepatan denyut jantung pada saat istirahat.
Untuk merumuskan hubungan antara energy expenditure dengan kecepatan heart rate (denyut jantung), dilakukan pendekatan kuantitatif hubungan antara energy expediture dengan kecepatan denyut jantung dengan menggunakan analisa regresi. Bentuk regresi hubungan energi dengan kecepatan denyut jantung secara umum adalah regresi kuadratis dengan persamaan sebagai berikut :
                 
Dimana:
Y  : Energi (kilokalori per menit)
X  : Kecepatan denyut jantung (denyut per menit)

      Setelah besaran kecepatan denyut jantung disetarakan dalam bentuk energi, maka konsumsi energi untuk kegiatan kerja tertentu bisa dituliskan dalam bentuk matematis sebagai berikut :


                                            KE = Et – Ei


Dimana :
KE  : Konsumsi energi untuk suatu kegiatan kerja tertentu  (kilokalori/menit)
Et    : Pengeluaran energi pada saat waktu kerja tertentu (kilokalori/menit)
Ei    : Pengeluaran energi pada saat istirahat (kilokalori/menit)

Terdapat tiga tingkat energi fisiologi yang umum : Istirahat, limit kerja aerobik, dan kerja anaerobik. Pada tahap istirahat pengeluaran energi diperlukan untuk mempertahankan kehidupan tubuh yang disebut tingkat metabolisis basah. Hal tersebut  mengukur perbandingan oksigen yang masuk dalam paru-paru dengan karbondioksida yang keluar. Berat tubuh dan luas permukaan adalah faktor penentu yang dinyatakan dalam kilokalori/area permukaan/jam. Rata-rata manusia mempuanyai berat 65 kg dan mempunyai area permukaan 1,77 meter persegi memerlukan energi sebesar 1 kilokalori/menit.
Kerja disebut aerobik bila suply oksigen pada otot sempurna, sistem akan kekurangan oksigen dan kerja menjadi anaerobik. Hal ini dipengaruhi oleh aktivitas fisiologi yang dapat ditingkatkan melalui latihan. Aktivitas dan tingkat energi dan Klasifikasi beban kerja dan reaksi fisiologis terlihat pada tabel 1 dan 2.
 
Tabel 1. Aktivitas Dan Tingkat Energi

ENERGI

(Kkal/menit)
1
2.5
5
7.5
10
DETAK JANTUNG
(per menit)
60
75
100
125
150

OKSIGEN

(liter/menit)
0.2
0.5
1
1.5
2

Metabolis
me basah
Kerja ringan
Jalan (6.5kph)
Kerja berat
Naik Pohon

Istirahat
Duduk
Angkat roda 100 kg

Membuat tungku

Tidur
Mengendarai Mobil

Bekerja ditambang
Jalan di Bulan

Tabel 2. Klasifikasi Beban Kerja Dan Reaksi Fisiologis
Tingkat Pekerjaan
Energy Expenditure
Detak Jantung
Konsumsi Energi
Kkal / menit

Kkal / 8jam

Detak / menit
Liter / menit
Undully Heavy
>12.5
>6000
>175
>2.5
Very Heavy
10.0 – 12.5
4800 – 6000
150 – 175
2.0 – 2.5
Heavy
7.5 – 10.0
3600 – 4800
125 – 150
1.5 –2.0
Moderate
5.0 – 7.5
2400 – 3600
100 – 125
1.0 – 1.5
Light
2.5 – 5.0
1200 – 2400
60 – 100
0.5 – 1.0
Very Light
< 2.5
< 1200
< 60
< 0.5
 
nah,, klo udah tau berapa jumlah energi yang kira-kira kita butuhkan dalam sehari,,seharusnya kita tau konsumsi makanan yang memenuhi kebutuhan energi kta tersebut..

dari berbagai sumber..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar