Pengantar

I would like to share with you about something that U should have to know


~~~~~~^^ENJOY READING^^~~~~~~

Selasa, 26 April 2011

Lifes Traw,, Sederhana namun Manfaatnya Luar Biasa

Air bersih saat ini sudah semakin sulit diperoleh, apalagi dikota-kota besar pusat industri. Sumber air bersih sudah sangat tercemar oleh berbagai limbah industri atau polutan limbah rumah tangga. Baru-baru ini ane liat artikel yang menyatakan bahwa 70% tanah di DKI jakarta sudah tercemar...ckckckc,,gaswat dong klo begini..

LifeStraw adalah filter air yang dirancang oleh Vestergaard Frandsen dari Swiss. Vestergaard Frandsen sendiri merupakan sebuah perusahaan Eropa berbasis Internasional yang bergerak dibidang kemanusiaan dan mengkhususkan diri dalam tanggap darurat atas permasalahan yang kompleks. Mereka juga membuat produk-produk untuk pengendalian penyakit.

Alat ini membantu penduduk untuk dapat mengakses air bersih siap minum dimana masih 884.000.000 juta orang di dunia dan 37% di antaranya hidup di Sub-Sahara Afrika, masih menggunakan sumber-sumber air minum yang tidak bersih.

Kurangnya akses air minum yang aman dapat menyebabkan beberapa penyakit diare di seluruh dunia, khususnya yang mempengaruhi kaum muda,dan miskin. Hampir satu dari lima kematian anak - sekitar 1,5 juta setiap tahun disebabkan karena diare. Diare membunuh anak-anak yang lebih muda daripada AIDS, malaria dan campak . Minum air yang terkontaminasi juga mengarah untuk mengurangi waktu produktif pribadi, dengan efek ekonomi yang luas.

filter air telah terbukti sebagai yang paling efektif di antara semua metode pengolahan air untuk mengurangi sumber penyakit diare. Tinjauan Cochrane menunjukkan bahwa tidaklah cukup untuk mengobati air pada sumber, tetapi juga harus dibuat aman di konsumsi.

Spesifikasi Lifes traw:
Panjang: 31 cm, Diameter: 30 mm, Price: about $3.00

Model-model LifeStraw :

1.LifeStraw Personal filter minimum 700 liter air, cukup untuk satu orang dan satu tahun.
2.LifeStraw Family menyaring paling sedikit 18.000 liter air, menyediakan air minum yang aman untuk sebuah keluarga selama lebih dari dua tahun.
Lifestraw menghilangkan 99,9999% bakteri yang menular melalui air, 99,99% virus, dan 99,9% parasit.

Penyakit yang dapat dicegah antara lain difteria, kolera dan diare. LifeStraw dapat menyaring hingga 700 liter air sebelum harus diganti.


Air yang dihisap pertama-tama melewati sebuah filter dengan jarak jalinan 100-mikrometer, kemudian melalui sebuah saringan 15-mikrometer. Air selanjutnya melewati sebuah ruang yang berisi manik-manik berlapis iodin, yang membunuh bakteri yang tersisa. Kemudian air melewati sebuah ruang kosong, dan terakhir melewati karbon aktif, yang menghilangkan rasa iodida dan bakteri yang berukuran sedang. Semua proses ini dilakukan hanya dengan menghisap secara reguler, tidak beda jauh ketika menggunakan pipet minuman konvensional sehari-hari. Sedotan ini dapat menyaring hingga 700 liter air sebelum harus diganti.


Alat ini tidak memiliki bagian-bagian yang dapat dilepas, tidak menggunakan listrik dan tidak memerlukan perawatan. Ini menjadikannya sebagai sebuah cara menyaring air yang sederhana dan terjamin yang bisa digunakan siapapun di dunia ini. Satu-satunya persyaratan yang diperlukan adalah kemampuan untuk menghisap. Bahkan anak kecil dan bayi bisa diselamatkan dengan menggunakan LifeStraw. Penyakit seperti difteria, kolera dan diare yang disebabkan oleh bakteri umum akan dicegah dengan penggunaan LifeStraw.

LifeStraw juga bisa menjadi cara yang jitu untuk mengatasi kebutuhan mendesak akan air oleh para korban bencana alam seperti longsor, gempa bumi dan lain-lain.


disarikan dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar