Pengantar

I would like to share with you about something that U should have to know


~~~~~~^^ENJOY READING^^~~~~~~

Jumat, 15 April 2011

()()()()()()()()()()(Mengukur Kecepatan dan Aliran Darah)()()()()()()()()()()()()

tujuan dari pengukuran laju aliran dan volume darah ini pada dasarnya adalah untuk mengetahui konsentrasi O2 dan nutrisi lain yang terkandung dalam sel. Pendekatan lainnya dapat dengan menggunakan metode pengukuran tekanan darah yang berkaitan dengan laju aliran darah. Jika kemudian pendekatan ini masih sulit dilakukan, maka pilihan lainnya adalah kembali menggunakan ECG yang mempunyai korelasi dengan tekanan darah.

Ada metode yang mudah untuk mengukur kecepatan aliran darah, yaitu dengan menggunakan flowmeter atau orifice, tetapi kendalanya adalah dengan menggunakan metode ini kita perlu melakukan pemotongan pembuluh darah yang beresiko dapat menyebabkan pembekuan darah.

Beberapa metode yang digunakan untuk pengukuran kecepatan aliran darah yaitu:
1. Metode inikator dilution dengan infus secara kontinu
2. Metode inikator dilution dengan Injeksi secara cepat
~ metode dye dilution
~ metode termodilution
3. Elektromagnetik flowmeter
4. ultrasonic flowmeter


1. Metode indikator dilution dengan infus secara kontinu
metode ini mengukur rata-rata kecepatan aliran darah dari sejumlah detak jantung/ siklus jantung. mengukur cardiac output dengan menggunakan metode Fick, yaitu membagi asupan oksigen oleh perbedaan kandungan oksigen darah aorta dan darah vena.

2. Metode indikator dilution dengan Injeksi secara cepat
yaitu mengukur kecepatan aliran darah instan, dan bukan kecepatan aliran rata-rata. metode ini lebih cepat dan hasilnya lebih baik dibandingkan dengan menggunkan metode Fick.
~ metode dye dilution atau metode pengenceran dye


metode ini banyak digunakan untuk pengukuran Cardiac Output,dan dye yang digunakan umumnya adalah indocyanine green karena memiliki sifat:
1. inert
2. Harmless
3. Measurable
4. ekonomis
5. cocok untuk pembuluh daraah
6. lebih murah

~ metode termodilution
merupakan metode yang modern dan banyak digunakan untuk pengukuran Cardiac output dengan mengijeksikan bolus garam dingin atau 5% dextrose pada air sebagai indikator.
metode ini menggunakan kateter khusus 4 lumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar